Sabtu, 24 Maret 2012

Cara Membuat Wajan Bolic (Lengkap dan Terperinci!)

Sebelum membuat Wajan Bolic, kita harus tau dulu apa itu Wajan Bolic dan apa fungsinya.


Apa itu Wajan Bolic?

  Wajan Bolic adalah sebuah antena yang terbuat dari bahan dasar Wajan. Wajan Bolic adalah versi keduanya dari Antena Grid, bedanya Wajan Bolic dengan Antena Grid hanya terletak pada bahan dan efisiensi harganya. Antena grid/ satelit seperti yang kita tahu, harganya sangatlah mahal, mungkin bisa 2 atau 3 juta-an. Sementara Wajan Bolic hanya membutuhkan biaya kurang dari 200.000. Dengan fungsinya yang hampir sama dengan antena grid, Wajan Bolic lebih efisien. Wajan Bolic merupakan antena reciever gelombang radio dengan frekuensi 2.4Ghz. Dan hebatnya lagi, Wajan Bolic adalah karya anak Indonesia, mantap kan?

Apa Fungsi dari Si Wajan Bolic ini?

1.      Menembak sinyal WI-FI yang letaknya jauh (bisa menembak sampai 2 Km-9Km)
2.      Memperkuat sinyal wireless
3.      Menambah sinyal Modem (jika di gunakan untuk modem, bisa menembak HSDPA sampai HSUPA)

Cara Pembuatannya?

Nah inilah tahap yang di tunggu2..
BAHAN :
1. Wajan diameter 36 ? (semakin besar diameternya semakin bagus)
2. PVC paralon tipis ukuran 3” 30cm
3. Doff 3 “ 2 buah
4. Aluminium foil
5. Baut + mur ukuran 12 dan 14
6. USB Wireless
7. Kabel USB Extension 1 meter (panjang sesuai kebutuhan, bisa di beli di toko komputer)

PERALATAN :
1. Penggaris
2. Pisau/ Cutter
3. Gergaji besi
4. Bor (untuk melubangi wajan dan doff)
5. Kikir (Untuk memperbesar lubang wajan setelah di-Bor untuk mendapatkan ukuran yang sesuai dengan Baut ukuran 12 dan 14)
6, Cemilan sama teh + Lagu Peterpan-Dara wakakakak

PERKIRAAN HARGA : 
Perkiraan harga yang dikeluarkan untuk membeli bahan WajanBolic adalah kurang dari Rp 300.000 ,-. Bandingkan jikan Anda harus membeli antenna Grid 24 db, yang bikinan local saja mencapai Rp 500.000 ,- lebih dan yang import bisa mencapai Rp 1.000.000 ,- lebih. Atau membeli antenna grid local yang harga nya Rp 200.000 ,- sedangkan yang import bisa mencapai Rp 300.000 lebih.

LANGKAH-LANGKAH  PEMBUATAN :

1. Siapkan semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan.

2. Lubangi wajan tepat di tengah wajan tersebut seukuran baut ujuran 14, jika kurang besar gunakan kikir , cukup satu lubang saja.
Kemudian, ukur diameter wajan dan kedalaman wajan.  Kenapa harus pake ngukur2 segala? Ini kita gunakan untuk menghitung Feedernya (permukaan pipa yang tidak di lapisi Alumunium Foil). Rumus mencari Feeder:

F= D^2/(16*d)

*Ket:
- F: Feeder
- D: Diameter Wajan
- d: Kedalaman Wajan
- ‘^’pangkat, ‘/’ pembagian, ‘*’ perkalian


Contoh : Wajan dengan D = 70 cm, d = 20 cm maka jarak titik focus dari center dish : F = D^2 /(16 *d) = 70 ^2 / (16 *20) = 15.3 cm (Bagian yang tidak diberi Alumunium Foil.

1. Potong PVC paralon sepanjang 30 cm, kemudian beri tanda untuk jarak feeder-nya ( daerah bebas aluminium foil). Untuk menentukan panjang feeder-nya gunakan rumus di atas.

2. Beri lubang pada bagian paralon untuk meletakkan USB Wireless, sekitar 5cm dari ujung PVC.


3. Selanjut nya, bungkus PVC paralon dengan dgn aluminium foil pada daerah selain feeder, kalo aluminium foil yang ada tanpa perekat, maka untuk merekatkannya bisa menggunakan double tape.

4. Bor Doff yang satu untuk lubang baut yang akan di pasang di Wajan


5. Pada bagian doff (tutup PVC paralon) yang akan di pasang pada ujung PVC harus di beri aluminium foil, sedangkan doff yang di pasang pada wajan tidak perlu di beri aluminium foil

6. Masukkan USB Wireless pada lubang yang sudah di tandai tadi

8. Dan pasangkan doff tadi ke PVC paralon

9. Kemudian, wajan yang telah di bolongi tadi dipasangkan dengan doff yang satu nya lagi, sebelumnya doff tersebut dilubangi sesuai dengan ukuran baut yang sudah di siapkan, dan kencangkan secukupnya.

10. Kemudian tinggal pasangkan PVC paralon tadi ke wajan yang sudah di pasang doff.


Baiklah


11. Selesai. Wajan bolic tinggal di atur/ diarahkan tempat berada WI-FI nya.

12. Kalau gagal, seperti USB Wireless tidak terbaca, atau terbaca tapi tidak mendapatkan sinyal hotspot yang di tembak, kemungkinan besar ada kesalahan kecil saat perakitan. ^^ Silahkan komen kalau ada yang tidak di mengerti atau bermasalah ^^v 

Sumber Gambar: cossierandi.com

151 komentar:

  1. kalo sinyal ada tp operator gak ke detect apanya yg salah gan?? terus ngitung panjang yg dilapisi almunium foil gmn???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ga ke detect biasanya kemungkinan bisa modemnya rusak atau kartunya ga terdetec oleh modem,
      trus yang kedua, ngitung panjang yang tidak dilapisi alumnium foilnya: setelah kamu dapat Feedernya, kurangi dengan panjang pipa (30cm). Misalnya: feeder yang di dapat 10cm, nah karena panjang pipa 30cm maka : 10cm-30cm= 20cm yang di beri aluminium foil.

      Hapus
    2. bang, kantor saya wifi tapi jarak sinyalnya 100m. rumah saya jaraknya 300 meter. saya bikin wajan bolic, bisakah menangkap sinyal dari kantor saya. mohon jawabanya ya?

      Hapus
  2. wah beli bahan2 seperti alumunium foil ma doff nya itu yang q kurang tau, di toko komputer pa di toko ap ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ~untuk aluminium foil bisa di beli di superindo, tny aj kasir ato petugas'a nanti di tunjukin, harga'a klo g slh 14rb/roll
      ~kalo doff bisa di dapet di toko bangunan, harga'a 5rb/doff

      Hapus
  3. Bgmn bila diameter wajan lebih lebar, apakah ukurn paralon jg tmbh panjang ?? misal info diatas td wajan 36 cm, paralon 30 cm. mksh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. duameter gak jadi masalah.
      yang penting kedalamannya di ukur. diatas ada rumusnya...

      panjang pipa suka2 aja.

      Hapus
  4. tentu tidak, panjang paralon adalah absolute. Seberapa lebarpun wajan'a, panjang paralon tetap 30.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yo gak gitu2 juga. klo pake bekas parabola 12 feet? 30 cm.. yo kelelep to gan. panjangnya bisa 1 meter. ato 10-20cm tapi ada make dudukan parabolanya..

      kalo mo buat USB EXTENDER 25 METER jozz gandos, bisa pake referensi ane...

      http://teguhsuroso-k-link.blogspot.com/2013/05/wajanbolic-membuat-usb-extender-25-meter.html

      Hapus
    2. trus gmana ngitung panjang paralon dan diameter wajannnya,.??

      Hapus
  5. apa sih kegunaan wajan bolic pakah bisa untuk menangkap sinyal tv

    BalasHapus
    Balasan
    1. kegunaannya sebagai antena penangkap sinyal wifi, kalau untuk sinyal tv tidak bisa karena fungsinya lain

      Hapus
    2. bisa asal alatnya pake punya indovision... :)

      Hapus
    3. ijin promo min. Yang tidak mau repot, jual penguat sinyal 3 in one , modem, wifi, tv analog.
      kontak
      085724921090

      dikirim keseluruh indonesia JNE TIKI POS
      berat 2kg-3kg
      gain +25 sampai +45 dbm
      untuk mencapai sinyal HSDPA / HSPA adalah -80 dbm adalah syarat HSDPA/HSPA full bar
      dan gprs/2g adalah -110 dbm
      bila anda sinyal anda Edge -95dbm bila memakai antena wajan bolik kami dan mendapat +25 saja maka
      gain anda menjadi -70 dbm dan ini sudah memenuhi syarat full bar HSDPA/HSPA/3,5G
      dan bila hanya mendapat sinyal GPRS -110 dbm
      dan anda memakai wajan bolik mendapat gain +30 dbm maka -110 + 30 (dbm) = -80 dbm (full bar HSDPA/HSPA/3,5G)

      https://m.ak.fbcdn.net/sphotos-d.ak/hphotos-ak-frc3/1395408_249632341854368_1523773003_n.jpg

      Garansi 1 Tahun

      Link FP

      https://www.facebook.com/pages/Wajan-bolik-penguat-sinyal-3g-evdo-tv-hp-dan-radio-150000/472508412791544

      Hapus
  6. knp musti pake kartu oprator sih,,, namanya juga nyolong sinyal,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf izin balas !

      kalo yang agan pasang itu MODEM y harus pake kartu operator. tp klo yg dipasang itu USB WIFI y ga perlu pakai kartu operator.
      Tujuannya sama, nyerap sinyal lebih banyak aja.

      Hapus
    2. kenapa anda begitu repot dengan sim card.

      Hapus
  7. cara setting di komputernya gmna..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf izin balas !

      Tidak perlu setting untuk wajanbolicnya. kalo sebelumnya sudah terpasang Modem/USB Wifi yg sudah tersetting dan berfungsi d PC/Laptop agan, kini tinggal pasang aja wajanbolicnya. tujuannya sbg penguat sinyal, jd tdk perlu disetting.

      Hapus
  8. gan gk ad video tutoriall nya? byar lbh muda ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha yah nanti saya usahakan deh ^^v

      Hapus
  9. gan, kalo masalah kabel nih gimana?
    biar bisa panjang gitu,, ane pake buat USB Modem,, trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf izin balas !

      untuk kabel bisa agan beli USB Extender Cable d toko komputer ada banyak, mulai dr 1.5m, 5m, 10m, dst..
      atau bisa juga sambungin USB dengan kabel UTP biar lebih murah. tutorialnya bsa googling ada banyak kok.

      Hapus
    2. kalo mo buat USB EXTENDER 25 METER jozz gandos, bisa pake referensi ane...

      http://teguhsuroso-k-link.blogspot.com/2013/05/wajanbolic-membuat-usb-extender-25-meter.html

      Hapus
  10. gan kalo mau nangkap sinyal wifi kampus gmana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf izin balas !

      salah satu cara ampuh y bisa pakai wajanbolic ini yg berusi USB Wifi, jd bisa tembak sinyal jarak jauh dan lbih tinggi. bisa juga pakai antena wifi.

      Hapus
  11. bro gimana kalau gax di kasih aluminium foil... mohon solinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf izin balas !

      aluminium foil sebagai penghubung sinyal yg diterima dr Wajan ke Modem/USB Wifi gan. jd kalo tdk pake alumunium foil hasilnya tidak akan maksimal. bisa juga pakai Lakban Alumunium jd tinggal tempel aja tdk ush pakai perekat lagi.

      Hapus
    2. Gapapa gan, makasih udh di jawab soal'a ane ga smpet jwab satu2, hehe

      Hapus
  12. mau tanya gan,
    1. kalau di daerah saya kan di daerah pedesaan yang jauh dr pemancar radio dan tidak ada area hotspot,yang ada cm bts operator. jd saya mesti arahkan wajan y mana...?dan apakah ada kiblat alternatif lain untuk wajan ini jika mengunakan usb wirles y....?
    2. Apa kah ini gratis atau tidak....?

    trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Kalau di daerah pedesaan sepertinya tidak bisa digunakan, kecuali didaerah tersebut terdapat hotspot dalam radius 3KM. Untuk kiblat alternatif sepertinya sih tidak ada.

      2. Ini bukanlah sebuah layanan melainkan alat, jadi jika hotspot yang anda tangkap itu tidak di beri password ya berarti gratis. Wajan bolic ini bukan buat mencuri sinyal, melainkan sebagai reciver saja.

      Hapus
  13. derita lu sruh siapa tinggal di desa,,,,
    hahahahahaha

    BalasHapus
  14. saya sudah coba panduan diatas, bahan yang saya miliki sebagai berikut:
    TP-LIN TPWN727N
    wajan dengan diamater 40 cm dalam 10
    setelah saya hitung titik fokusnya adalah 20,
    lantas saya apakan lagi, udah ane lapisi dengan aluminium foil mulai dari tempat usb wifi sampai batas 20 cm itu, tapi ternyata hotspotnya tidak ditemaukan, sementara dengan antena bawaan laptop ane sinyalnya terdeteksi. mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa beritahu saya kira2 brapa jarak dari komputer ke hotspot?
      Dan apakah dari jalur dari hotspot ke komputer terhalang gedung atau pohon?

      Hapus
    2. lo boss.. kan ente harus ngerti dulu siapa juragan2 yang punya hotspot gratis. trus brapa km jarak ke rumah ente.
      baru bikin wajanbolic.
      jangan asal ...
      mubadzir tuh alat klo gak ada hotspot gratis. kec ente mau ganti usb modem...

      Hapus
    3. permisi numpang tnya mas bro
      1. jarak max sinyal yang di dapat brpa m?
      2. klo jalur hotspot.a terhalang rumah betingkat 2 -3, apakah sinyal.a terdeteksi? klo gak bgaimna solusi.a?

      maaf bnyak tnya soal.a bru tahu

      Hapus
  15. Balasan
    1. Pakai rumus F= D^2/(16*d), kan sudah di jelaskan diatas

      Hapus
  16. Balasan
    1. PVC itu nama lain dari pipa paralon ^^

      Hapus
  17. Kalau Doff bagian ujung (yang paling atas) telah dilubangi,apa harus beli doff yang baru lagi ? Atau dapat ditutup ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan yang di lubangi hanya bagian tengahnya saja, jadi bisa di tutup, jadi tidak perlu membeli lagi

      Hapus
  18. kalau yg dua pipa kayak di gambar pipa kecil di tengahnya berapa inch?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau yang pipa kecil itu 1 inch atau 1 1/2 inch

      Hapus
  19. Thank Om Ilmunya Punya saya Sukses Tembus sekitar 18 KM. Tutorial Ini sangat Membantu Banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai yang diameter berapa gan wajannya ???
      mohon infonya

      Hapus
    2. edan 18 km. super bener.....
      gak ada gedung atawa pohon2 besar ya?
      trus extender brp mtr?
      tinggi antena?

      Hapus
  20. klo d pc na blm ad modem wifi na bgai mna om...?
    trus klo saya beli modem yg usb,pa ntu yg saya pasang d wajanbolic na..?
    trus tinggal connect usb extender na d pc gtu...?
    thx...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama saya mau meluruskan, namanya bukan "Modem Wifi" tapi "USB Wireless", kalau mau beli murah kok.

      Kalau masalah connect, tergantung anda, kalo wifi sudah ditemukan ya tinggal connect

      Hapus
  21. brow mau tanya nii kalau yang di lapisi alumunium foil nya ngak sesuai dengan ukuran pengaruh ngak yaa dengan sinyal yang diterima...

    BalasHapus
  22. aku udah beli USB Wifi TL-WN721N mau dikawinkan dengan router/AP apakah sinyalnya makin kuat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya sih ga pengaruh ya, karena AP dgn USB wifi kan alat yang berbeda

      Hapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. digunakan untuk memperkuat sinyal modem bisa kan?
    kalo dari modem ke wajanbolic menggunakan pigtail, trus aplikasi kabel di wajannya gimana?

    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo mo main pigtail. mending pake antena grid. murah 310 rb yang bluelink
      skalian gk ush pke wajan..

      kalo mo buat USB EXTENDER 25 METER jozz gandos, bisa pake referensi ane...

      http://teguhsuroso-k-link.blogspot.com/2013/05/wajanbolic-membuat-usb-extender-25-meter.html

      Hapus
  25. gan klau pake wajan bekas bisa ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bang, kantor saya wifi tapi jarak sinyalnya 100m. rumah saya jaraknya 300 meter. saya bikin wajan bolic, bisakah menangkap sinyal dari kantor saya. mohon jawabanya ya?

      Hapus
  26. sekedar saran, untuk modem atau usb wireless yang terpasang dipipa lebih baik diganti dengan kawat dan diperpanjang dengan kabel pigtail...
    Ini kan sayang kalo tiba2 kesambar petir otomatis modem yang di dalam antena wajan ini rusak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon info gan, tau gak caranya masuk jaringan hotspot yg punya pasword, hotspot disini semua punya pasword

      Hapus
    2. lho lho... kabel pigtail kan cuma bisa 50cm aja gan?
      emang udah pernah manjangin kabel antena mpe 15 - 25 mtr? gak bisa dunk. modem tetep harus di atas.

      klo nasib sambar petir. meski modem di bwh, kalo antena di atas. tetep jebol mpe kompi mpe smua jaringan listrik di rumah.

      Hapus
  27. tutorialnya sangat menarik. pertanyaan saya gimana cara mangarahkan sinyal wifinya ke arah hotspot? apa ada software tertentu?

    BalasHapus
  28. gan kalo tip supaya wajabolic tak disamber petir. thanx's...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pke penangkal petir hehehe.
      ujung logam yang runcing diatas harga 600 - 1,5 jt. kabel tembaga ulir yang gede, non isolasi.. 150rb per meter.
      bor sumur 12 meter rp 300 - 500 rban.
      logam yang di tanem d bawah mpe 600 ribuan

      keamanan dari petir 60 - 80 %. artinya tidak bisa 100%

      (jangan ber imajinasi kalo kesambar tuh lidah petirnya yang sikat tuh antena. klo gitu ancur tuh rumah skalian penghuninya.
      yang dimaksud kesambar petir tuh, petir meledak sejarak 600 - 1 km. gelombangnya menyambar mpe tempat anda... tau2 smua elektronik anda berasap kayak ayam panggang.
      ane pernah ngalemin masalahnya.
      padahal petir sejarak lebih 1 km.
      antena 75 mtr. radio fm.
      penangkal 1 biji
      tapi ancur smua instalasi radio mpe jaringan listrik, tv pecah, mpe stop kontak kebakar...)

      kalo mo buat USB EXTENDER 25 METER jozz gandos, bisa pake referensi ane...

      http://teguhsuroso-k-link.blogspot.com/2013/05/wajanbolic-membuat-usb-extender-25-meter.html

      Hapus
  29. wah, potingan, bermafaat nih.,aku dah, bikin. Bisa tembus 7km meter,

    BalasHapus
  30. kang
    klo bikinya tanpa rumus alias ukuranya asal2aln gmnh kang?
    Itu apakah akan sia2 apa gmnh?
    Oia kang minta nmr hpnya sih buat tnya2

    BalasHapus
  31. Gan bli USB Wireless nya d mna?
    d tko" komputer biasa ada g gan?
    trs harga USB Wireless nya kira" brp y gan?

    BalasHapus
  32. Bagaimana kalo pengganti wajan pake bekasnya tv satelit (dari plat besi bukan alumunium ... mohon pencerahannya bos...

    BalasHapus
  33. gan, kalo pakek wajan bekas bagaimana? apakah mempengaruhi kualitas sinyalnya?

    BalasHapus
  34. gan itu ditaro dimana antenanya di atas komputer apa di luar rumah .. thx ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. izin balas gan.

      ditaruh di atas rumah bisa. tang penting gak di atas komputer. ntar kalo di atas komputer, wajannya kesenggol jatoh, komputernya rusak. kanlumayan urusannya.

      Hapus
  35. gan kalo aluminium foil nya lecek gpp gan ??

    BalasHapus
  36. Gann,,,, kaloo Bolic nya gak pakek Paralon tapi pake tongkat besi,, trus ditancapin ke Kaleng minuman (pengganti paralon dilapisi alumunium foil).. bisa gak????

    BalasHapus
  37. mas kalau diameter wajan 27,5dan kedalaman wajan 9,5 kira-kira panjang paralon yang harus saya tutupi alumunium foil berapa cm ya

    BalasHapus
  38. saya udah mencari hasil tersebutdengan rumus di atas saya mau mencocokan dengan jawaban mas tolong secepatnya ya mas

    BalasHapus
  39. mas saya bikin wajan bolic pake Wierelese N USB Adapter TP-LINK TL-WN727N tp kok g bisa ya harus pake USB apa ya trims,,,,

    BalasHapus
  40. gan ane mau nanya kalo lengkungan wajan.a pengaruh ga ???
    misalkan panci(bukan tutup.a tapi panci.a) itu lengkunga.a k dalamkan itu pengaruh ga ke sinyal.a ???????

    BalasHapus
  41. gan sory ni sebelumnya, ane niat mau bikin wajan bolic, cuma ane msh butuh panduan, ane boleh minta nomornya gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. PM ane aja: www.facebook.com/thorofi

      Hapus
  42. Gan... ane udah coba sama kaya tutorial diatas pake wireless TL-WN727N tapi signal yg di tangkep kok sama aja kaya gak peke wajan bolic... ane coba tembak AP android ane di rumah...

    Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  43. gan ane punya antena parabola bekas tv satelite merek tidak dsebutkan.itu kan diameternya gede.. bisa tidak dijadikan untuk mnangkap sinyal wifi? apa hrus lepas LNB diganti dengan pvc seperti wajan bolic? trimz

    BalasHapus
  44. gimana cara menentukan letak untuk menaruh USB wireless ??

    BalasHapus
  45. gan,mau tanya...
    yg paralon 3" tuh dilubangi buat USB ekstention nya sembarang aja kan?????
    mohon perncerahannya...

    BalasHapus
  46. masangnya berapa tinggi broer??..
    Lokasi wifi radius 2km...thx much...

    BalasHapus
  47. apakah ukuran PVC 30cm itu termasuk dgn DOFF-nya yg udh terpasang?
    kalo kita potong PVC 30cm, setelah di pasang DOFF, ukuran panjang PVC kan jd tambah panjang...
    gmn tuh gan? mohon diluruskan...

    BalasHapus
  48. gan,..
    kalo misalkan aluminium foilNy diganti make tambal panci kira* bisa gk yah???

    #minta pendapatny dong... :)

    BalasHapus
  49. gan misalnya kedalaman wajannya 14 cm berarti yang di kasih alumunium foilnya berapa cm gan.... :-)

    BalasHapus
  50. HELLO... mau tanya dong.. kan saya disuruh cari wajan ukuran 13 maksudnya itu... 13 apa ya ??? mohon dijawab terimakasih :)

    BalasHapus
  51. , gan thank yooo . / /




    By : http://radzi-blog.blogspot.com

    BalasHapus
  52. kalau diameternya 45 cm feedernya berapa gan????

    BalasHapus
  53. gan kalau wajannya bekas parabola bisa ga gan..?
    trus apa harus saya rakit lagi para bolanya..?
    mohon bantuannya

    BalasHapus
  54. Gan koneksi kabel dan usb wifi lewat mana, kan usb wifinya sudah tertutup sama doff?

    BalasHapus
  55. Gan klo kabel'nya tu dr antena wajan bolik usb ke laptop usb pa port rj45?

    BalasHapus
  56. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  57. Katanya, panjang absolut pipa paralon adalh 30 cm.
    yang menjadi pertanyaan saya adalah :
    bagaimana jika seandainya saya menggunakan pipa paralon diameter 3 inch dengan panjang 27 cm, apakah itu mempengaruhi kekuatan wajan dalam menangkap sinyal? atau wajan tersebut tidak berfungsi sama sekali?

    Mohon dijawab.... :)

    BalasHapus
  58. pliss jawab dong
    saya udah ngikutin cara yang di atas
    tapi ngk dapat sinyal yang di tembakan
    padahal jaraknya cukup dekat dari rumah saya dengan cafe nya
    ngk sampai 1km malah
    kira kira salahnya dimana ya
    apa salah di pipa kecilnya itu ?

    plisss jawab dongg.....

    BalasHapus
  59. bagaimana dengan masalah petir apakah antena ini mudah disambar petir??

    BalasHapus
  60. Mantap Bro, Thank's... Mau Coba Buat ni...

    BalasHapus
  61. Mantap bro...
    salampathokan.blogspot.com

    BalasHapus
  62. mantap gan!!!!
    #siap_meluncur _ke_TKP

    BalasHapus
  63. Ane masih ga ngerti sama rumus nya broow..

    BalasHapus
  64. kalo mo buat USB EXTENDER 25 METER jozz gandos, bisa pake referensi ane...

    http://teguhsuroso-k-link.blogspot.com/2013/05/wajanbolic-membuat-usb-extender-25-meter.html

    BalasHapus
  65. masalahnye ni gan kok postingan ente kayak web berikut....

    http://itassociate.blogspot.com/2010/05/how-to-make-wajan-bolic.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sebelumnya untuk mas teguh, tapi artikel saya tentang wajan bolic ini asli tulisan saya, disadur dari pebgalaman saya dan berbagai sumber terpercaya, tidak ada unsur leech disini. Kalau untuk gambar saya memang ambil dari suatu situs dan sumbernyapun saya cantumkan. Saya bukan blogger yang suka leech atau mengakui artikel orang menjadi artikel saya, kalaupun saya copy dari web/ blog lain pasti saya cantumkan sumbernya.

      Hapus
  66. Bro ... aku mo tanya nih ! panjang pipa pralon ngitungnya pake rumaus apa? ato kirakira aja

    BalasHapus
  67. gan ukuran minimal maksimal kabel nya berapa meter biar dapet sinyal bagus

    BalasHapus
  68. 20km masi kenceng gan MANTAPPPPPPPPPPPPPPP

    BalasHapus
  69. gan bisa G buat tutor nya pakek VIDEO (di youtube) biar lebih jelas gtu :-)

    BalasHapus
  70. Mas, mau nanya, kalau hasil untuk memperkuat sinyal Model Flash Telkomsel Huawei (untuk lokasi yg terpencil), bagaimana hasilnya ?

    BalasHapus
  71. Mau Tanya. Saya Punya Laptop. Ada Wifi Juga. Gimana Caranya Supaya Langsung Dipasang Tanpa USB Wireless Nya?
    Karena Laptop Saya Punya Wifi, Tapi Gak Pake Antenna..

    BalasHapus
  72. Gagasan baru gan pakai induksi bisa kuatin sinyal modem, hp, radio sampai tv analog murah cuma 140.000 ane sendiri yang produksi link
    http://www.kaskus.co.id/post/51bced5c6112433171000001/1#post51bced5c6112433171000001
    ijin promo dikit min thank

    BalasHapus
  73. kegunaan kabel upt untuk apa

    BalasHapus
  74. sungguh bermanfaat ,,,, info yang bagus :-D

    BalasHapus
  75. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  76. klo pkk tutup panci bisa kagak ?????

    BalasHapus
  77. klo pkk tutup panci bisa kagak ?????

    BalasHapus
  78. klo pkk tutup panci bisa kagak ?????

    BalasHapus
  79. menggunakan usb yang merk apaan tuh gan ?
    kira2 biaya nya brpa gan

    BalasHapus
  80. Payah nih , Banyak komentar yang kagak di bales .

    Gan , tinggi PVC Nya brpa klo Diameternya 43 cm .??
    apa tinggi tetap 30 cm ?

    BalasHapus
  81. kalau untuk memperkuat sinyal dari router bisa gak dengan wajanbolic ini??
    mohon pencerahannya.. :)

    BalasHapus
  82. GAN,, ANE MAU PAKE PAYUNG BEKAS PARABOLA INDOVISION KARNA LUMAYAN LEBAR... GIMANA MENURUT AGAN.....

    BalasHapus
  83. Kalo Ane mending beli jadi aja gan disini http://wajanbolic88.blogspot.com/

    BalasHapus
  84. gan,, kalo mau nembak kira" jarak 5-8 km bisa ngk?? trus yang peralatan yg diperlukan perlu tambahan apa lagi?? soalnya saya nie di tengah kampung... :) mohon bantuanya ya gan....

    BalasHapus
  85. apakah modem sekaligus kartu perdana klo gak pake kartu perdana gimana?

    BalasHapus
  86. gan ada info lebih luas pembahasan lengkap gk tentang wajan bolic??
    soal nya ane lgi buat penelitian tentang kualitas antena wajanbolicpenerimaan sinyal

    BalasHapus
  87. gan kan di tempat saya ad 3 hotspot.gimana caranya supaya yang terdeteksi oleh wajan bolic itu yang jauh letaknya?

    BalasHapus
  88. 3 km dengan ketinggian 8 meter tembus ngk gan

    BalasHapus
  89. Gan saya coba! tapi gak bisa connect, bisa analisis seedikit masalahnya dimana?

    BalasHapus
  90. Bagus nih infonya gan...
    izin copas ya gan buat di share dan di coba di sekolah

    BalasHapus
  91. kabelnya maksimal berapa meter bisanya gan..?

    BalasHapus
  92. Kalau untuk tembak sinyal wifi pakai modem gsm bisa gak om???????

    BalasHapus
  93. berapa jarak tempuh paling jauh wajan bolic gan, soalnya tempat ane jaraknya sekitar 5 km ketempat yg ada wifinya

    BalasHapus
  94. Lek, kalo beli usb W-LAN di mana

    BalasHapus
  95. tempat ane kan udah ada parabola, kalo di taro di parabola bisa nyangkut gak tuh sinyal gan?

    BalasHapus
  96. mohon dijawab masih awam
    apakah yang dimaksud usb WIFI adalah seperti yang aku punya TP LINK TL WN72 IN?
    trimakasih

    BalasHapus
  97. gan mau tanya panjang pipa berapa ,..,??

    BalasHapus
  98. Assalamu 'Alaikum. Para Kyai, Ustadz, da'i & pecinta ilmu
    Kami tawarkan Produk-produk andalan kami :

    Kami tawarkan Produk-produk andalan kami :

    1. Software Murattal 30 Qiraah Sab’ah & ‘Asyr
    Berisi software Murattal 30 Juz bacaan Al-Qur'an Qiroah 7 & 10 dgn 15 riwayat dari 20 riwayat yang pernah diajarkan Nabi SAW secara mutawatir sehingga boleh dibaca&diamalkan.
    DILENGKAPI :
    - kaidah ushul dan mushaf per-rowi
    - biografi per-rowi
    - kajian Mp3 qiraah sab’a & ‘asyr
    BONUS :
    - koleksi tambahan murattal qiraah sab’a & ‘asyr puluhan qori TOTAL 20 RIWAYAT LENGKAP MASING-MASING 30 JUZ
    - Murattal 30 Juz dibaca dgn 20 riwayat langsung (jama' shugra) oleh Syaikh Thoha
    - Tilawah & software belajar Tilawah bin Naghom
    - Kitab-kitan Qiroah 7 & 10
    - Kajian tajwid video
    - Materi presentasi tajwid
    - Software2 quran digital dan tajwid

    Semuanya terkumpul dalam 6 keping DVD
    MINAT ?????
    Harga dan Infaq: Rp. 150.000 (gratis bea krm pulau jawa)
    ____________________

    2. MAKTABAH SYAMILAH KUBRO 57 GB
    Kini hadir MAKTABAH SYAMILAH dgn ukuran 57 GB (setelah diinstal) dalam bentuk flashdisk 16 GB
    Dengan kelebihan:
    - Transfer data lebih mudah & cepat
    - Versi 3.52 terbaru
    - Ukuran 57 GB (TERBESAR DI DUNIA)
    - Berisi lebih dari 30ribu kitab
    - Kelompok materi mencapai 137 bidang
    - Mudah diinstall
    - Telah melalui proses fahrosah, farz & fahsh
    - Rata-rata sudah dikelompokkan muwafiq & ghoiru muwafiq lil mathbu’
    - Dikelompokkan akidah asyary & non asyary
    - Menu utama quran & tafsiruhu lebih banyak
    - Dilengkapi panduan install, setting arabic, dan video tutorial pengoperasian maktabah Syamilah
    - BONUS : Kamus Arab-Indo dan Munawwir serta software DVD Marji’ Akbar (tandingan syamilah)

    MINAT ?
    Harga & Infaq : RP. 250.000 (sudah bea krm wilayah jawa)

    TERSEDIA PULA MAKTABAH SYAMILAH 57 GB DALAM PAKET DVD ( Berisi 5 DVD plus 1 DVD Bonus ) DENGAN HARGA TERJANGKAU. HANYA Rp. 150.000
    ________________________

    3. FLASHDISK THOLIBUL ILMI 16 GB
    Berisi konten2 islami & umum spt :
    - Maktabah Syamilah berisi 12.562 kitab
    - Ribuan terjemah kitab2 spt kutub tis'ah, tafsir&brbagai materi islam
    - Ratusan artikel & buku masalah khilafiyyah
    - Ratusan artikel buku dan materi presentasi
    - Ratusan fatwa-fatwa dan bahtsul masail
    - Quran digital tajwid tafsir+4 qori pilihan,
    - e-Pustaka Tholibul Ilmi ribuan artikel & buku ASWAJA
    - Software berisi 42 kitab hadits lgkp dlm satu aplikasi,
    - Software2 (tajwid, faraidl, zakat, peribahasa, kamus, antariksa, dll)
    - kajian2 MP 3
    - Murattal 30 juz 2 thoriq riwayat Hafsh (Syathibiyah & Thoyyibatun Nasyr)
    - Video Belajar Bhs Arab lengkap
    - Video2 ilmiah dan bahan prsentasi dll.

    Terkumpul dalam flashdisk 16 GB
    MINAT ???
    Harga & Infaq: Rp. 250.000 (sudah ongkos kirim wilayah jawa)

    Info/pemesanan hub: ABI QORI (Nur Chalim)
    082119653966 / 085724347663 / 08174844161 / 08993400441
    atau lgsg ke alamat kami ;
    PP. Hidayatullah, Jl.Kejawan Putih Tambak VI/1 MULYOREJO - SURABAYA

    PRODUK-PRODUK KAMI :
    1. DVD Murattal 30 Juz Qiroah Sab'a dan Asyr (6 DVD)
    2. DVD Maktabah Syamilah 57 GB (5 DVD)
    3. HDD External Tholibul Ilmi 500GB (Produk Unggulan kami)
    4. HDD External Ulama 500 GB (Semua konten2 Bhs Arab)
    5. HDD External Tholibul Ilmi Kubro 1000 GB (Kombinasi point 4 dan 5)
    6. HDD Film Bhs Arab 500GB+program pelajaran Bhs Arab
    7. Laptop Tholibul Ilmi Kubro 1000 GB
    8. Laptop Tholibul Ilmi 500 GB (Konten Islami HDD siap pakai)
    9. Laptop Tholibul Ilmi 320 GB
    10. Netbook Tholibul Ilmi 320 GB (Konten Islami HDD siap pakai)
    11. Flashdisk Tholibul Ilmi 16 GB
    12. Flashdisk Tholibul Ilmi 32 GB
    13. Flashdisk Ulama 16 GB
    14. Flashdisk Ulama 32 GB
    15. Flashdisk Qiroah Sab'a dan 'Asyr 16 GB
    16. DVD Maktabah Ahlul Bait (Milik SYI'AH) plus bantahan2annya

    BalasHapus
  99. itu bisa terkena petir nggak gan?

    BalasHapus
  100. Gan "Doff" Itu APa Gan?
    Kurang Ngerti #Plakkk

    BalasHapus